Friday, February 19, 2016

Teks Prosedur Kompleks



Menghindari Pergaulan Bebas


       Dewasa ini, dengan berkembangnya media serta kemudahan dalam mengakses berita, masyarakat Indonesia disuguhi dengan budaya negara lain. Pengaruhnya adalah masyarakat meniru dan menerapkan budaya asing tersebut. Salah satu yang patut diwaspadai adalah pergaulan bebas, khususnya yang terjadi di kalangan remaja. Pergaulan bebas ini akan berujung pada penggunaan obat-obatan terlangan, seks bebas dan perilaku kriminal. Apakah kalian ingin terjerumus dalam pergaulan bebas? Jika tidak, cermatilah langkah-langkah berikut.
       Pertama, kita harus selektif  dalam memilih teman pergaulan. Kita harus memilih teman yang bisa memberikan dampak positif dalam diri kita. Kita harus pandai dalam mengamati tingkah laku teman kita. Apabila kita berteman dengan orang yang tidak baik, kita juga akan terkena dampak yang buruk.
       Kedua, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak kegiatan positif yang menyenangkan, mulai dari mengikuti ekstrakulikuler di sekolah, mengikuti kerja bakti di lingkungan masyarakt, mengasah bakat yang kita miliki dan masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan. Kegiatan ini jauh lebih positif daripada hanya bermalas-malasan dan keluyuran.
       Ketiga, memperdalam agama. Pemahaman agama yang baik merupakan cara yang paling ampuh mengatasi pergaulan bebas. Agama merupakan benteng paling kokoh yang mencegah kita untuk berbuat buruk yang merusak diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga dan meningkatkan keimanan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari segala macam keburukan.
       Keempat, mempererat hubungan kekeluargaan. Orang tua adalah penjaga dan pendidik terbaik untuk kita. Jadi, kita harus menghormati dan menghargai mereka. Kita juga harus mematuhi peraturan  dan melaksanakan perintahnya. Mereka yang memiliki keluarga yang hangat dan harmonis cenderung mampu memiliki lingkungan yang baik pula. Oleh karena itu, kita harus mencegah terjadinya perdebatan dengan anggota keluarga kita.
       Demikian langkah-langkah agar kita terhindar dari pergaulan bebas.

2 comments:

  1. As reported by Stanford Medical, It's indeed the one and ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh 19 KG lighter than us.

    (By the way, it has absoloutely NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, I said "HOW", not "WHAT"...

    TAP on this link to uncover if this short test can help you unlock your true weight loss possibility

    ReplyDelete